Saturday, January 7, 2012

Looking For Dorm

Perkara nyari kost sebagai tempat tinggal kala jauh dari rumah adalah perkara gampang2 susah. Berikut beberapa tips lips yg patut disimak sebelum booking atau ngasi duit panjer kost... Semoga bermanfaat...:)
  •  Tentukan budget...
Berdasarkan analisisku,,, alokasi dana buat kost perbulan idealnya lebih rendah dari monthly living kost yg meliputi biaya makan, minum, dan kebutuhan belanja bulanan. Tapi kalo pgn setara berarti itu orang udah tajir luar biasa.. hehe. Misal aja jatah buat makan + minum perhari 20.000 IDR, maka sebulan adalah 600.000 IDR, sedangkan kebutuhan belanja perbulan sebut saja 150.000 IDR, jadi total monthly living kost 750.000 IDR.
Masak iya kita mau hunting kost senilai 750.000 atau lebih cuman buat tidur...hehe,, kalo aku sih no way! Hmm,,, tapi buktinya ada jg kok yg pilih kosan dengan harga kisaran harga jutaan, dan sudah pasti monthly living kost dia lebih dari biaya kostnya. Jarang dan hampir nggak pernah kan kita temuin orang rela ngekos dg biaya jutaan tapi bea hidupnya sebulan cuman 100.000. Waduhhh tidur mewah, makan susah dong ceritanya!!! Kalo aku prefer nyari kost yg murah, tekan biaya makan juga, jadi bisa  gelembungin biaya belanja bulanan.. hehe. Why say so??? Because we have a place called home for the best service.

  • Cari kost yg strategis
Strategis bisa berarti mudah mendapat akses transportasi, deket tempat makan, tempat potokopian, tempat belanja kebutuhan, sukur2 deket tempat ibadah... jadi nyari apa2 nggak susah, dan yg pasti deket keramaian kehidupan.

  • Inspeksi kamar kost

Ini perkara wajib karna nyari kost sejatinya adalah nyari kamar buat ditidurin. Pastikan di dalamnya muat buat naruh kasur, lemari, meja atau kursi. Pastikan pula kamar punya jendela buat sirkulasi udara, kalau sampai kamar nggak punya pintu itu namanya kebangetan.. Kalo kondisi kamar dalam keadaan kotor, cat dinding mulai mengelupas, atau  kamarnya bocor kalo hujan, jgn sungkan2 minta kamarnya diberesin dulu sebelum kita tempatin. Ingat penyewa kamar kost adalah raja!!! Hehe

  •  Inspeksi Kamar Mandi
Inspeksi yg satu ini jg cukup urgent kiranya. Nggak lucu kan kalo kamar kostnya udah asoy geboy, tapi mandinya mesti di empang. Hal yg perlu di cek adalah kondisi kamar mandi, are u getting comfort dengan kondisi airnya, WCnya, atau mungkin letaknya. Jgn heran kalo kita mendapati air yg rasanya payau kalo kost kita memang di daerah muara sungai. Pastikan pula WC yg ada nggak mampet atau tersumbat, karena ini sama sekali bikin nggak nyaman. Pastikan pula letak WCnya nggak jauh2 dari kamar kita, jadi kalo sewaktu2 pgn “ngapain” bisa cepet tertangani.

  • Keamanan
Ada baiknya kalo kost kita terpantau oleh pemilik Kost, utk antisipasi kemanan kost dan juga bisa segera lapor kalo ada keluhan. Sering kita temui pemilik kost punya rumah sendiri jauh dari bangunan kost miliknya, jadi pastikan tetep ada yg penjaga atau yg bertanggung jawab utk urusan kostan. 

  •  Tanyakan Fasilitas Pendukung
Fasilitas kostan kini mulai beragam, yg paling mendasar diantaranya adalah daya listrik, dapur, tempat njemur baju, dan parkiran motor. Pastikan semuanya adalah tidak menyusahkan kita sang penyewa kost. Misal alat2 elektronik yg kita bawa di kostan diantaranya TV, laptop, kipas, mejikom, dan setrika, maka wajib dipastikan daya listrik kostan kita muat. Karena daya itu kan juga dibagi semua penghuni kost. Asik kalo kost punya dapur yg boleh dipake, jadi kalo males keluar nyari makan tinggal masak aja. Lokasi njemur baju jg patut diperhitungkan, karena kadang ada jg kostan yg tempat njemurmya di depan jalan kost yg rame dilewatin orang.. Rasanya sedikit risih kalo pas mau njemur “hal-hal sepele". Buat penghuni kost yg bawa motor, pastikan kendaraan kalian nggak kujanan nggak kepanasan, jadi punya tempat parkir yg jg nggak bakal susah jg untuk ngeluarin masukin. Syukur2 ada jg yg bertanggung jawab urusan kebersihan kost. Hal ini bisa jadi fasilitas kost yg paling dirasa manfaatnya, karena kita udah cukup disibukkan dengan aktifitas segudang di luar kost, jadi pengennya nyampe kost tinggal take a rest, feel comfort... :D

Itulah yg sekiranya patut dipertimbangkan kalo mau nyari kostan.. 
Get a better dorm everyone!!!

0 comments:

Post a Comment