Tuesday, October 18, 2011

UNTITLED

Maliq n d"Essential in Soundsation E-Plaza Semarang
Mengapa kali ini saya mengangkat judul untitled dalam tulisan ini? Bukan lantaran saya tidak punya ide dalam benak saya untuk menorehkan sebuah judul yang seharusnya, tapi memang UNTITLED yang menginspirasi torehan kata saya malam hari ini. Alunan lagu "untiled" milik maliq n d'essential lah yang berhasil membimbing jemari saya menari2 meski hujan rintik turun. Hehe. Saya memang bukanlah d'Esssential yang tergabung di kota manapun, namun bukan berarti saya tak mengagumi kualitas musikalitas band yang bergenre jazz ini. Tiap alunan lagunnya bisa dibilang "ear-catching", terkadang sontak menghentak dan terkadang mendayu pilu. Dilengkapi lirik yang romantis namun realistis di tiap lagu2 karya mereka membuat saya makin "jatuh cinta" dengan idealisme musik mereka. Selain itu tak banyak pula kata2 bermajas2 personifikasi atau hiperbola di dalamnya membuat band satu ini mampu tampil beda dibandingkan band band melayu yang kian menjajaki musik Indonesia.

Setau saya, hampir belum pernah saya melihat lagu Maliq n d'Essential masuk chart program2 musik di televisi semacam Dahsyat atau Derings,, hehe. Kenapa ya? Sebenarnya saya masih bertanya2 dalam hati tentan apakah gerangan jawabannya. Dan mengapa musik2 melayu macam Wali, Armada, dan d'Bagindas bisa begitu mudahnya malang melintang di tangga lagu program2 musik televisi itu. (Haah,,, menghela nafas) Apa karena chart mengikuti dominasi selera musik masyarakat kita yang masih cenderung beraroma melayu? Atau karena para crew program2 musik tersebut tidak tau akan karya2 band kesukaan saya ini sehingga tak pernah dimasukkan playlist lagu2 mereka? It's really not big deal anyhow, karena selama masih ada 4shared dan youtube sebagai situs langganan saya untuk mengakses karya2 mereka dan PramborsFm sebagai saluran radio streaming yang akan senantiasa memutar lagu2 teranyar. hehe

Ok, we're going to the point "maliq n d'essential" it self. Hmmm... Terhitung hingga kini saya baru 2 kali menonton konser maliq n d'Eseential dan semua itu saya saksikan di Semarang ketika masih duduk di bangku kuliah. Komentar saya tentang penampilan mereka adalah "fantastis". Bukan hanya musikalitas yang mereka suguhkan tapi juga performa di atas panggung yang tak menjemukan membuat penontot larut dalam tiap alunan musik mereka. Sebut saja Untitled, Kangen, Menari.. How can I not melt while listening this songs? Lalu cobalah dengar Coba Katakan, Dia, Pilihanku, hmm. It's trully make me wanna hear my "someone" sing and play these with accoustic guitar in front of me... And how can i not move like jagger when i listening Itu Tandanya, Terlalu, atau Blow My Mind. Banyak sekali lagu2 mereka yang terhitung kesukaan saya dan folder lagu maliq n d'Essential  adalah salah satu playlist yang paling sering saya dengar kala senggang. At the last, Majulah terus musik Indonesia :)

0 comments:

Post a Comment