Sunday, January 1, 2012

GERAM !!!

hati mana ga bakal geram tiap liat kelakuannya kayak gitu. Bertubi2 aku harus dibuat kesal dengan tingkahnya. Ini siapa majikan siapa rewang dia udah ga bisa bedakan. Ini nih dampak kalo rewang  udah kelamaan ngikut, dia serasa berhak ngelakuin apapun. Aku sebenernya udah muak en males ngadepin dia, tapi aku jg gak bisa berbuat banyak. Ini rangkaian luapan emosi jiwaku menghadapi dia, tanpa suatu rekayasa apapun.

suatu malam aku ngingetin dia supaya kalo masak nasi nggak banyak2, selain mubazir karena sisa, tau kan kalo nasi kelamaan disimpen di mejikom bisa jadi keras, kuning en bau. Dianya takasih tau baik2, malah njawabnya marah2 ke aku. Alhasil besoknya aku gak dimasakin nasi, kamarku jg gak disapu.

suatu ketika, aku ditinggal mbakku pelatihan di jogja selama 2 bulan, padahal mbakku inilah yg biasa ngatur belanja masak di rumah. Tiap harinya mbakku ngasi uang 20.000 IDR ke pembantuku buat di belanjain bahan masakan. Harusnya uang segitu lebih dari cukup buat beli bahan protein nabati dan hewani, tapi sering kali kita di rumah cuma dimasakin pake lauk tahu, tempe, dadar jagung plus sambel. Miris kan uang 20.000 cuma bisa makan makanan herbivora doang. Maka ketika ditinggal mbak tantri pelatihan, otomatis aku yg membawahi pembantuku langsung. Demi ngirit keuangan dan menjamin asupan gizi keluarga, aku kepikiran buat ngebelanjain itu duit ke pasar. Maka aku ajaklah pembantuku belanja ke pasar,, ehhh dengan ketus dia malah njawab "aku nek gak belonjo neng mbak Ut (tukang sayur, red), aku emoh belonjo".. Kuping siapa yg ga panas denger jawaban kayak gt.  Akhirnya aku sendiri yg berangkat belanja ke pasar. Dengan uang 50.000 IDR aku bisa nyukup2in buat keperluan makan selama 5 hari, itupun udah komplit ada sayur, daging, en buah. Ngirit kan??? ehhh.. sesampainya di rumah, pembantuku bener2 bikin aku malesss.. Dia tanya "masak opo iki" deegan nada yg ketus abis. Coba deh dipikir, apa ya pantesss rewang berkata judes ke majikan yg malah belanjain keperluan masak sendiri ke pasar. Dan dampak lainnya, beberapa hari kita gak bertegur sapa, bahkan aku pamit mau pergi ke luar pun gak digubris. Mbenceknoo tenan!!!

suatu hari ketika aku pulang setelah beberapa hari nginep di Surabaya, aku mendapati kipas kamarku udah berpindah ke kamarnya, dengan alasan mau ngipasin cucunya. Aseemmm... aku yg pulang ke rumah pgn cari kesejukan malah dapet berita panass dari rewang nyebelin ini. 

tiap minggu, mbak en masku selalu pulang ke blitar ke rumah ortunya. Jadi tiap minggu mbakku selalu nitipin uang belanja 20.000 IDR ke pembantuku buat makanku en adekku. Dan seringnya dia bilang kalo dia gak dikasih duit sama mbakku buat belanja. Geramm banget kan?? waktu pembantuku tak SKAKMAT karena mbakku bilang udah ngasih duit buat jatah makanku, pembantuku cuma bisa ngeles sambil bilang "oiya se Daru, wingi duite tak deleh ng mejo teras kok moro2 terus ilang".. Busettt pengen tak sobek2 ae!!!

masih seputar kebohongan yg dia mainkan.. Kejadiannya tepat minggu kemarin. Waktu hari minggu aku pulang kerja, pembantuku bilang ada petugas PDAM nagih duit air 2 bulan sebesar 40.000 IDR. Pembantuku minta duitnya dititipin dia aja, tapi aku bilang kalo aku minggu depan libur jadi biar aku yg bayar langsung. Beneran besoknya hari Senin petugas PDAM nya dateng dan aku bayarlah tagihannya. Dan besoknya lagi hari selasa, mbakku pulang dari Blitar dan bilang ke aku kalo dia udah ngasi duit ke pembantu tak tau diuntung itu.. Tau kan kesimpulannya,,, dia nipu aku dengan cara minta uang PDAM ke aku padahal dia udah dikasih duit mbakku??? Dan ketika pembantuku ditanyain mbakku, enteng banget dia berlindung dengan alasan lagi2 udah naruh di meja belajar, tapi kok sekarang ditnya gak ada. YOO jelas gak ada, lha wong wes sampean tilep!!!

belum cukup itu ajaa,,,, barang2 di rumah kayak tabung elpiji, galon air, dan mejikom dipijemin ke anaknya gitu aja tanpa bilang ke yang punya, Dan parahnya dia berani ngeloakin barang2 di rumah tanpa izin dari kita. Astaghfirullahaladzim....


makin hari kerjanya juga makin sesuka udel dia. Gimana enggak??? udah selama seminggu di rumah aku belum pernah liat dia ngepel. Alhasil So Klin lantai di botol masih penuh. Lain halnya dengan detergen SURF yang tiap bulan aku beli 2 bungkus @ 900 gram dan baru seminggu udah abis sebungkus. Apa dia keenakan nyuci pake mesin cuci kali yaa,, jadi detergen tinggal digelontorr gitu aja. Sama halnya dengan borosnya ngambil beras, minyak goreng, en gula. Cepettt bangeeettt habisss,, dipake buat opo jal???

dia itu kalo gak disuruh ya gak bertindak.. Masak lantai 2 yg juga bagian dari rumah ini kalo gak disuruh ya gak pernah dibersihin, mushola juga gitu. Padahal kerja dia nyanteee banget. Jam 9 pagi udah bisa ngemong cucunya di rumah sampe sore jam 5.. habis itu ngerajain tipi sampe mualeeem. 

aku jelasin soal tipi, jadi tipi di rumah ada 2, di ruang keluarga sama di kamar mas en mbakku. Dia itu dari jam setengah 6 petang TET udah duduk di depan tipi sampe sinetron RCTI buyarrr jam sebelas TENG. alhasil aku dan adekku cuma bisa nonton tipi sebelum petang menjelang en pas masku en mbakku ke blitar hari sabtu minggu di kamarnya. Pernah suatu ketika aku nonton tipi di ruang keluarga sampe jam setengah 6, dan itupun aku udah diusir alus sama pembantuku "daru wes wayahe DEWA"..  Ya Allah pengen tak lempar tipine ke mukane ya Allah.. sabarkanlah hamba ya Allah. 

hal yg paling getol bikin aku membeberkan semua kekesalanku sama pembantuku adalah,,, hari ini duitku ILANG 100.000 IDR di dompetku. Bukannya aku Suudzon, tapi tiap bentuk kehilangan di rumah aku selalu curiga sama dia, karena tak ada orang lain yg patut dicurigai. Ini bukan kali pertama berita kehilangan yg bikin aku syok, sebelumnya udah pernah hilang 2 cincin emas, jam tangan, uang 50.000 IDR di saku celanaku yg dicucinya, beberapa uang lain di kamar mas en mbakku. Parahnya kamar pembantuku sekarang pake dukinci tiap dia keluar rumah... Gimana aku bisa nggeledah dan mencari bukti .. 

bayangin aja yaa... majikannya aja belum pernah pake emas2an yg menghias tubuh,,, tapi coba lihat kalung yang melilit leher pembantuku.. mungkin 10 gram aja ada, padahal harga emas per gram sekarang aja udah 500.000 IDR. Belum lagi cincin yg dia punya. Mirisnya lagiii,,, tangan cucunya aja yg masih umur 2 tahun udah dilengkapi 2 cincin plus kalung emas. Pertanda apa Ya Allah ????

Andai saja aku ini sekarang udah serba cukup, katakanlah udah mampu utk memenuhi semua kebutuhan rumah dan keluarga, aku ikhlas beras di rumah cepet habis, aku ikhlas beli detergen sebulan 3 kg, tapi keadaanya di rumah ini semua sedang ditata, sedang merangkak. Kok malah dia tanpa beban mencekik perlahan... Innallaha ma'as shobirin....

0 comments:

Post a Comment