Wednesday, February 22, 2012

jealous handling

Cemburu kiranya bisa menjadi suatu parameter asmara yg menyenangkan jika dijalani menurut takaran dan prosedur yg tepat. Karena seringkali perkara cemburu ini menjelma bak pisau bermata dua kala kedua faktor pendukung tersebut tidak dijalankan dengan semestinya.

Saya rasa takaran cemburu yg dimiliki oleh masing2 individu berbeda satu dengan yg lainnya, sehingga tingkat kecemburuan bisa saya klasifikasikan menjadi tiga kategori menurut tingkatnya yaitu tinggi, normal dan rendah. Saya rasa tak akan menjadi masalah jika kedua pasangan yg terlibat memiliki tingkat kecemburuan yg sama levelnya. Namun akan menjadi masalah yg cukup berarti jikalau kedua pasangan yg terlibat memiliki tingkat kecemburuan yg berbeda level.

Sebagai contoh, jika terdapat suatu pasangan dimana satu pihak memiliki tingkat cemburu tinggi sedangkan pasangannya memiliki tingkat cemburu yg rendah. Dalam hal ini sedikit banyak masalah cemburu akan menyita hati demi utk mencari jalan tengah antar keduanya. Pihak dengan tingkat cemburu tinggi akan cenderung menerapkan perhatian yg super protektif thd pasangannya dengan dalih tidak ingin kehilangan orang yang disayang. Tapi di lain pihak, pasangannya yg memiliki tingkat cemburu rendah akan dengan enteng menampik semua prasangka yg disangkakan padanya dan dengan santai menanggapi rumor kedekatan pasangannya dengan orang lain. Hal ini dilakukannya dengan dalih menomorsatukan rasa saling percaya sepenuhnya pada pasangan.

Jika kejadian sedemikian rupa menghampiri hubungan kalian maka jangan tinggal diam. Hal ini memerlukan beberapa penanganan khusus demi keberlangsungan hubugan asmara yg lebih harmonis. Beberapa tips yg bisa diterapkan adalah :


  1. komunikasikan apa yg sedang anda rasakan pada pasangan 
    • jika memang anda terganggu dengan kecemburuan pasangan anda yg menurut anda berlebih, maka sampaikanlah. Begitu pula jika anda merasa bahwa pasangan anda tidak memberikan feedback cemburu yg memadai, maka ungkapkanlah. 

  1. dengarkan keluhan pasangan anda dengan seksama
    • seperti penjelasan di atas bahwa perbedaan rasa cemburu yg cukup signifikan pada pasangan akan cukup menyita hati. Dan perbedaan tingkat cemburu tsb harus disikapi dengan kepala dingin agar tercapai jalan tengah antar keduanya

  1. rela berubah demi cinta
    • ada baiknya perbedaan rasa cemburu yg cukup signifikan antar kedua belah pihak dikembalikan ke jalur normal. Pihak dengan rasa cemburu tinggi harus rela mengendalikan kecemburuan menurut batas normal menurut pasangannya. Demikian pula pihak lainnya harus mampu lebih peka terhadap "rumput2" yg kiranya menaruh kedekatan pada pasangan. 

semoga bermanfaat demi kebaikan hubungan asmara kedepannya.  ;)


0 comments:

Post a Comment