Wednesday, February 29, 2012

Kapan harus menghentikan pembicaraan???

Pernahkah kamu mengalami ketika sedang asik bercerita tiba2 orang lain menyela ceritamu? atau tiba2 malah mengalihkan perhatian pada hal lain? atau yg lebih ekstrim adalah meninggalkanmu pergi seorang diri?
Hmm.. jangan sampai terjadi yaaa..
Karena hal itu bisa jadi merupakan pertanda dia tidak tertarik dengan ceritamu.
Pada dasarnya kepribadian seseorang harus seimbang. Seimbang antara hasrat utk mendengarkan dan didengarkan. Tentu saja jangan sampai hasrat ingin didengar mendominasi tanpa diimbangi dengan hasrat ingin mendengarkan orang lain.

Kali ini saya akan berusaha berbagi tips kapan kita harus menghentikan pembicaraan kita agar suasana perbincangan bisa tetap berlangsung hangat.

1. Pandang mata lawan bicara ketika anda sedang bercerita 

2. Amati pandangan mata lawan bicara, jika pandangan matanya tidak fokus pada anda (melihat kemana-mana, red) atau malah asik denga aktifitas lain (sms, ngenet, dll) maka ini adalah pertanda bahwa dia tidak sedang fokus pada anda

3. Jika anda ingin menarik perhatiannya, anda bisa menyelipkan kalimat penegas seperti "Dengerin aku dulu!" atau semacam "Kamu nyimak aku nggak?"

4. Tapi jika anda lihat dia sedang sibuk dan tidak antusias dengan cerita anda, maka ada baiknya anda mengakhiri pembicaraan atau segera mengalihkan ke topik lain. 




0 comments:

Post a Comment