Thursday, December 29, 2011

yummy.. Bolu Pisang Kukus (bantet)

Sejak aku ditinggal pembantuku mudik lebaran tahun lalu, aku jadi suka bereksperimen di dapur. Mulai dari nyayur, numis, sampe bikin kue.. Lebih lebih bikin kue adalah agenda paling menarik minatku. Mungkin ini salah satu dampak positip ditinggal pembantu mudik karena semenjak itu aku jadi suka nonton acara Master Chef, Ala Chef, Harmoni Alam, Koki Cilik dan acara masak2 lainnya. Aku jg jadi suka baca2 resep masakan baik lewat buku resep, browsing di google, atau donlod panduan masak lewat youtube. Then make it perfect by practice.. Lot of Fun!

And the trully facts is...bikin kue sendiri gak segampang ngeliat Farah Quin pas lg beraksi. Buktinya, ini udah kesekian kali (lebih dari 5 kali, red) aku nyoba bikin kue bolu dan hasilnya BANTET terus.. Padahal takaran bahannya udah sesuai resepnya, cukup backing powder, cukup emulsifer, cukup vanili, dan cukup yg lain2. Soal rasa, boluku memang gak ada masalah sod. Adonannya pas, manisnya jg sopan, tapi bantetnya itu loh.. rag nguati tenan...Harusnya adonan bolu tingginya bisa ngembang sampe 5-7 cm (sesuai ukuran loyang, red) sedangkan boluku "mengkeret". Kalo diukur2 tingginya kurang lebih cuman 2-3 cm. Nahas kan? 

Hebatnya aku belum juga putus asa meracik adonan kue bolu atau kue apapun itu, hehe. Secaraaa Sir Thomas aja baru berhasil nyalain bola lampu setelah kurang lebih 1000 kali esperimen cing, masak aku baru 5 kali aja udah patah arang.. Malu dong yaa??? Secaraaa lagi, aku kan pengen punya usaha bikin pudding atau kue. Aamiin :)
Saran dari mulut ke mulut bilang kalo ternyata mentega/margarin (sebut saja Bluben, red) pantang dimixer barang bahan2 yg lain, misal gula, telor, atau terigu kalo pengen adonan rotinya ngembang. Mungkin ini kali ya biang kerok yg bikin rotiku jadi bantet alias mengkeret, hihi.
Oke sodara2.. Tunggu kisah suksesku di adonan2 kue berikutnya ya ;)

0 comments:

Post a Comment